Tujuh Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional




Ujian Nasional yakni ujian yang diadakan pada akhir semester untuk pelajar SD kelas VI, SMP kelas IX dan SMA kelas XII. Dikatakan sebagai Ujian Nasional karena dilakukan secara serempak yakni seluruh Indonesia dengan waktu yang bersamaan.

Bisa dikatakan hal ini sebagai salah satu penentu kelulusan. Ujian Nasional sering kali dijadikan sosok yang menakutkan oleh para pelajar, padahal apabila kita sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya maka kita tidak perlu merasa takut akan Ujian Nasional.

Mau tidak mau para pelajar harus menghadapinya dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh persiapan jika ingin berhasil dalam Ujian Nasional.

Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit tips kiat sukses menghadapi Ujian Nasional.

#1. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi dengan belajar dan cukup istirahat

Belajarlah dengan perlahan-lahan agar memahami apa yang dipelajari. Jangan terburu-buru dalam belajar dan hidarilah SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal tersebut akan membuat Anda kurang istirahat dan akhirnya kurang konsentrasi. Belajarlah dengan efesien, penuh perhatian, konsentrasi dan sungguh-sungguh.

#2. Usahakan untuk memiliki catatan lengkap setiap mata pelajaran, serta buku-buku yang diajarkan maupun buku penunjang yang dianjurkan.

Karena hal ini akan membantu memudahkan Anda dalam belajar. Coba bayangkan apabila Anda tidak memiliki catatan yang lengkap, maka dapat dipastikan sobat akan kesulitan dalam hal belajar bukan?

#3. Buatlah rencana belajar yang baik sebelum masa ujian tiba.

Gunakanlah waktu yang setepat-tepatnya khusus untuk belajar guna menghadapi ujian.

#4. Jangan belajar secara spekulasi (mengira-ngira), menebak dan meramal soal yang diujikan.

Setiap bab harus dipelajari dengan baik-baik. Sebab pada umumnya ada kaitan pengertian antara satu bab dan bab lain. Dan soal yang baik tentu meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

#5. Belajar hendaknya lebih menekankan pada pemahaman dari pada hafalan

Sebab hafalan pada dasarkan akan mudah terlupakan segera setelah ujian selesai. Jangan belajar hanya untuk ujian saja. Akan tetapi belajar untuk kepentingan yang lebih luas dan jangka panjang (mencari ilmu). Demikian juga ujian untuk belajar dan menambah ilmu.

#6. Hindari rasa takut akan ujian.

Jika Anda takut akan ujian maka Anda akan merasa tertekan karena pada dasarnya kita tidak mau berada di bawah tekanan.

Karena hal tersebut akan berdampak pada pikiran kita yang tidak akan tenang. Selain itu juga konsentrasi sobat akan terpecah belah karena adanya tekanan tersebut.

Rasa takut ujian dapat dihindari dengan cara berdoa kepada Tuhan agar diberikan kemampuan untuk mengerjakan ujian, belajar teratur dan sungguh-sungguh hingga menguasai pelajaran, biasakan hidup yang baik, berolah raga, dan istirahat yang cukup.

#7. Mengulangi pelajaran. Lupa adalah musuh utama dalam belajar.

Untuk melawannya yakni dengan cara mengulang pekajaran, akan tetapi bukan sekedar mengulang secara otomatis, melainkan dengan konsentrasi dan reaksi mental yang aktif dengan berpikir. Ulangi materi pelajar berkali-kali dengan membacanya dan berlatih soal-soal.

Beberapa asas tertentu amat bermanfaat dalam menentukan kapan dan berapa sering Anda harus mengulangi pelajaran dalam suatu periode, sebulan, dua bulan, tiga bulan, empat bulan, satu semester, satu tahun dan seterusnya.


Demikianlah kiat sukses dalam menghadapi ujian nasional. Kesuksesan dalam ujian nasional kita yang menentukan bukan orang lain. Seberapa besar usaha kita dalam menghadapinya itulah hasilnya.

Oleh karena itu bersungguh-sungguhlah dalam menghadapinya jangan takut hadapi dengan persiapan yang matang.

0 Response to "Tujuh Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel