Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Pamflet

Pamflet adalah tulisan yang disampaikan kepada orang lain menggunakan tulisan dengan gambar atau tidak, serta dalam pembuatan pamflet tanpa ada penyampulan lembar luar dan juga tanpa menggunakan penjilidan. Penyampaian tulisan hanya menggunakan selembar kertas, bisa menggunakan satu sisi dan juga bisa menggunakan dua sisi yang lain.

Pembuatan dan ciri bentuk gambar pamflet memiliki biasa dibuat dengan dilipat, bisa hanya selembar kertas saja, atau dipotong setengah, sepertiga atau bisa juga dipotong seperempat bagian kertas saja.

Karena pamflet hanya terdiri dari beberapa beberapa lembar kertas, yang disebarkan secara sederhana sehingga hanya terbentuk menjadi sebuah lembaran buku kecil tanpa sampul, dan pada dasarnya fungsi pamflet sama dengan brosur atau poster, sama sebagai media pemberitahu kepada orang lain. Pada umumnya pembuatan pamflet dibuat dengan ukuran kertas A3 (21 x 29,7 cm) dan ada juga dengan ukuran kertas A4 (29,7 x 42 cm),

Berikut ini terdapat deskripsi pembahasan singkat mengenai ciri-ciri pamflet yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, sebagai berikut:
  • ‌Mengunakan bahasa yang singkat padat dan jelas, dengan tujuan supaya pembaca lebih mudah mehami, maksud dari isi paflet tersebut dengan jelas.
  • Bersifat persuasif, yang berisi ajakan, untuk membeli atau sebagai sarana media promosi suatu produk yang diwarkan.‌ 
  • Ditulis dengan  isi yang jelas sehingga dapat dibaca dengan mudah.‌ 
  • Informasi yang disampaikan mengenai pembahasan sesuatu yang baru, dan terupdate terpercaya. 

Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis pamflet tidak sumua sama, ada beberapa jenis pamflet yang biasa digunakan dalam kepentingan tertentu, dan inilah beberapa macam pamflet yang biasa digunakan:
  • ‌Pamflet Pendidikan, Berisi tentang informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan contoh seperti lomba, seminar dan akademik. Serta kegiatan sosial pemerintah dalam bidang pendidikan.‌‌
  • Pamflet Kegiatan, merupakan sebuah media publikasi sebuah kegiatan yang akan diselenggaran, bisa berupa seminar, pengajian, reuni, pentas seni dan yang lainnya, yang bersifat informasi kegiatan yang akan dilakukan.‌ 
  • Pamflet Niaga, sering digunakan sebagai katolog produk, dengan tujuan untuk memberikan sebuah informasi kepada pembaca, tentang produk yang akan dijual oleh pembuat pamflet tersebut. Serta penulisan pamflet niaga biasanya di ikuti dengan kalimat ajakan berupa penawaran gratis dan potongan harga.‌ ‌
  • Pamflet Politik, merupakan pamflet yang berisi informasi untuk menarik perhatian kepada masyarakat yang berisi dengan kalimat memilih, seorang calon wakil negara atau kepala negara. 

Contoh pamflet:

Pamflet kegiatan Bukber
Copyright © 2018 by : kangridwan.com & HMBM

Pamflet seminar
Copyright © 2018 by kangridwan.com & HMBM

Pamflet Halal bihalal
Copyright © 2018 by kangridwan.com & HMBM

Pamflet ODIKSI
Copyright © 2018 by kangridwan.com & HMBM

Untuk mendownload desain pamflet silahkan kunjungi Studio Art

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Pamflet"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel