Belajarlah Menghargai Orang Lain Jika Ingin Dihargai


Ketika kita dihargai oleh orang lain maka hati kitapun akan merasa bahagia dan merasa hidup ini bermakna. Akan tetapi lain halnya jika kita tak dihargai oleh orang lain, kita merasa tak ada nilainya.

Setinggi apapun pendidikan kita, seluas apapun pengetahuan kita, apabila kita tak dihargai maka itu semua tak ada artinya. Banyak hal yang dapat kita lakukan jika kita ingin dihargai oleh orang lain. Akan tetapi hal yang paling utama yaitu terlebih dahulu kita menghargai orang lain.

ketika kita menghargai orang lain, otomatis orang yang kita hargaipun akan menghargai kita. Kita tak perlu kesana-kemari meminta kepada orang lain agar menghargai kita. Belajarlah menghargai orang lain walaupun orang tersebut orang yang biasa saja.

Banyak sekali cara untuk menghargai orang lain diantaranya yaitu:

1. Menghargai pendapat atau ide orang lain.

Yakni apabila orang lain menyampaikan pendapatnya, idenya atau opininya kepada kita maka dengarkan lah apa yang ia katakan dengan pikiran yang terbuka.

Walaupun kita tidak sependapat dengannya akan tetapi dengarkanlah terlebih dahulu hal tersebut. Jadilah seorang pendengar yang baik karena hal tersebut membuat orang lain merasa dihargai dan merasa apa yang ia sampaikan itu penting.

2. Akuilah hak pribadi orang lain

Saat orang lain meminta saran kepada kita tentang suatu hal dan kita memberikan saran kepadanya. Tentu saja jangan memaksa orang lain untuk mengambil keputusan sesuai dengan apa yang kita perintahkan.

Akan tetapi mereka punya hak untuk mengambil keputusannya sendiri dan kita harus menghargai hal tersebut.

3. Bersikaplah sopan santun

Hal ini sangatlah penting karena apabila kita tak bersikap sopan santun maka bagaimana orang lain mau menghormati kita? Jagalah etika kita padanya, misalnya kita tidak boleh menjelek-jelekkan, jangan menyindir dan yang lainnya. Akan tetapi berilah dukungan padanya karena hal ini juga salah satu menghargai orang lain.


Walaupun kita berpendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya akan tetapi kita tidak boleh tergila-gila ingin dihargai oleh orang lain. 

Hargailah orang lain terlebih dahulu, karena menghargai orang lain tidak akan menurunkan derajat kita justru hal tersebut dapat membuat kita dihargai kembali. kita melakukan hal sebagai bentuk penghormatan dan rasa sopan santun kita kepada orang lain.

ketika kita menghargai orang lain, disitulah kita akan merasa berharga. sebaliknya jika kita tak menghormati orang lain disitulah derajat kita rendah walaupun pendidikan kita tinggi.

Terkadang kita melihat orang yang sangat sederhana akan tetapi nampak begitu istimewa dan terkadang kita melihat orang yang banyak gaya, banyak tingkah akan tetapi tak ada harganya sama sekali.

Memang berharga itu dilihat dari perilaku kita kepada orang lain. Akan tetapi menghargai orang lain juga merupakan perilaku yang baik. Jadi jika kita ingin dihargai oleh orang lain maka belajarlah menghargai orang lain.

0 Response to "Belajarlah Menghargai Orang Lain Jika Ingin Dihargai"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel