Hal-hal yang Harus Dipelajari Jika Ingin Sukses Dikehidupan Sosial



Kesuksesan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Kesuksesan sesorang juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial dengan segala makna dan kehidupan.

Untuk dapat sukses dalam kehidupan sosial, kita dapat mempelajari hal-hal berikut:

1. Belajar tentang diri sendiri

ini merupakan pelajaran dasar yang sangat menentukan kualitas hidup dan masa depan kita. kenalilah diri sendiri sebaik mungkin, termasuk kelebihan dan kekurangan kita. Jangan sampai kita ingin jadi musisi akan tetapi kita punya bakat menjadi atlet profesional. Sayang sekali kalo kita kuliah dijurusan teknik tapi kita mempunyai bakat dalam bidang jurnalistik, dan sebagainya.


2. Belajar menjadi diri sendiri

Berbekal tentang pengetahuan diri sendiri, kembangkanlah potensi dan tampilkan jadi diri kita. Tak usah bersusah payah menjadi orang lain yang kita kagumi dan tidak perlu minder melihat orang lain yang lebih hebat. manfaatkanlah semua potensi yang ada dalam diri kita untuk meraih apa yang kita inginkan dalam hidup dan membantu orang lain.


3. Belajarlah mengendalikan diri

ini adalah sesuatu yang tidak boleh kita sepelekan. Pengendalian diri memungkinkan kita bersikap tenang menghadapi situasi dan kondisi sesulit apapun, kemampuan ini akan menjadikan kita percaya diri.


4. Belajar dari pengalaman orang lain

Meskipun kata pepatah "pengalaman pribadi adalah guru yang baik" namun orang yang bijak belajar juga dari pengalaman orang lain. Pelajarilah bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan, bagaimana mereka bisa memaafkan orang lain yang menghianati mereka, bagaimana cara mereka mendisiplinkan diri dan lain sebagainya.


5. Belajar dari kegagalan

Dari pada berlarut dalam kesedihan dan frustasi berkepanjangan, lebih baik renungkanlah pelajaran apa yang bisa kita petik dari kegagalan dan kesalahan yang kita lakukan. Yakinlah bahwa dibalik kegagalan ada hikmah kebaikan diri dimasa yang akan datang.


6. Belajar hidup bermasyarakat

Belajarlah menghargai keyakinan orang lain, baik itu prinsip agama, ideologi dan sebagainya. Belajarlah menyelesaikan konflik tanpa ada pihak yang merasa dikalahkan. Belajar untuk bekerja sama dalam segala bentuk kehidupan, belajarlah untuk memotivasi orang lain dan sebagainya. Pelajaran itu berguna bagi kehidupan sosial yang baik dan haromonis di dalam suatu keragaman.


7. Belajar untuk terus meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan kita

Ini akan memperkaya kehidupan spiritual kita dan berdampak positif bagi kesehatan jiwa kita.


8. Belajar untuk mengerti prinsip-prinsip kehidupan yang berlaku secara universal dengan cara membuktikannya.

Buktikanlah bahwa memaafkan itu lebih baik dari pada membenci, pikiran yang positif dapat membuat hidup bergairah dan berwarna.


9. Belajar untuk mempraktekan apa yang sudah kita pelajari agar kita tidak menjadi orang yang berteoritis

Mulailah mempraktekan disiplin pribadi, mulailah mengahargai orang lain dan sebagainya. hanya dengan usaha yang pantang menyerah, ditambah pengetahuan yang kita kuasai akan menjadi harta yang memperkaya hidup kita.


10. Galilah sumber pelajaran dari orang-orang disekeliling kita dari kejadian-kejadian yang kita alami, dari majalah, buku dan sebagainya.

Banyak sekali yang dapat kita pelajari dalam hidup ini, sehingga kita tak perlu bingung untuk mengisi hidup dan waktu kita yang berharga itu. Dengan wawasan yang luas, kita akan menjalani hidup dengan lebih bijak, lebih terhormat dan lebih bergairah.

Itulah hal-hal yang harus kita pelajari terlebih dahulu untuk mencapai kesuksesan. kesuksesan takkan dapat kita raih tanpa adanya do'a, usaha, kerja keras, semangat, tekun dan ulet dalam menggapainya. Tak ada cara yang instant untuk meraihnya akan tetapi semua itu butuh waktu dan proses.

0 Response to "Hal-hal yang Harus Dipelajari Jika Ingin Sukses Dikehidupan Sosial"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel