Cara Mengetahui Orang yang Sedang Berbohong atau Tidak


Orang berbohong karena berbagai alasan seperti ingin mengambil keuntungan, menyembunyikan kesalahan, memperdaya orang ataupun hal lain yang biasanya berujung tidak baik.

Mengetahui Anda sedang dibohongi oleh seseorang adalah suatu skill penting yang dapat membantu Anda untuk mencegah dimanfaatkan seseorang, dapat mengambil keputusan yang benar, menghindari kerugian materi dan penipuan. Berikut tips dan triknya.

Cara mengetahui orang yang sedang bohong

#1. Dengarkan suara orang yg berbicara

Orang yang sedang berbohong biasanya mengalami perubahan saat berbicara, dimana suara pembohong akan mengalami penurunan volume suara, terdengar gugup dan berbelit-belit dalam mengatakan kebohongannya. Selain dapat diaplikasikan saat bertatap muka langsung, cara ini juga dapat mengetahui orang berbohong lewat telepon.


#2. Cara mengetahui orang berbohong melalui gerak / bahasa tubuh

Menurut psikologi, orang yang sedang berbohong akan terlihat panik, berkeringat, dan melakukan bahasa tubuh yang tidak perlu seperti gerakan kepala, menggaruk bagian muka & hidung, ataupun gerakan kaki seperti sedang menjahit.


#3. Cara mengetahui orang berbohong melalui mata

Ciri pembohong yang paling buruk adalah saat berbohong pandangan mata tidak melihat ke mata orang yang Ia ajak berbicara. Anda dapat mengetahui orang sedang berbohong dengan memperhatikan gerak bola mata dari tengah ke kiri yang artinya menandakan orang sedang berkata tidak jujur.


#4. Terlalu bagus untuk jadi kenyataan

Bila ada orang yang menjanjikan sesuatu yang sangat menarik seperti uang, keuntungan besar, tanpa ada resiko / usaha, gratis ataupun hal lain yang terdengar sangat manis; maka kemungkinan besar orang itu ingin mengambil keuntungan.


#5. Tanyakan pertanyaan lanjutan

Bila Anda merasa sedang dibohongi, maka yang perlu Anda lakukan adalah menanyakan pertanyaan lanjutan mengenai apa yang Ia katakan. Biasanya orang yg sedang berbohong tidak siap menjawab pertanyaan lanjutan dan akan memberikan jawaban yang tidak masuk akan atau sulit dipercaya.


#6. Perdaya pembohong dengan memberikan informasi palsu

Orang yang berkata tidak jujur biasanya akan lupa ataupun tidak konsisten dengan kebohongannya. Jadi lain kali saat bertemu dengannya, Anda dapat mengeksploitasinya dengan memberikan informasi yang salah dengan apa yang Ia katakan sebelumnya.

Bila Ia mengiyakan apa yang Anda katakan maka orang itu sedang berbohong, tetapi bila Ia mengulangi apa yg dikatakan sebelumnya maka orang itu mungkin berkata jujur.

Mengetahui cara mengetahui orang berbohong melalui mata, gerak tubuh dan hal lain yang dibahas dalam artikel ini dapat menjaga diri dari 70% orang yang berbohong. Kenapa hanya 70%? Karena memang ada orang yang memang terlatih untuk berbohong agar tidak ketauan, orang yang percaya yg dengan kebohongannya sendiri, ataupun pekerjaannya berbohong (salesman / politikus).

Mengetahui orang sedang berbohong atau tidak memang tujuan dari artikel ini. Tapi yang tidak kalah penting adalah mengetahui alasan mengapa orang itu berbohong sehingga Anda dapat mengevaluasi hubungan Anda dengan si pembohong.

0 Response to "Cara Mengetahui Orang yang Sedang Berbohong atau Tidak"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel