8 Cara Belajar yang Efektif dan Efesien




Belajar merupakan proses panjang dan memerlukan ketekunan. Maka langkah awal seseorang harus memiliki cita-cita. Orang yang memiliki cita-cita yang tinggi sudah dipastikan akan serius penuh konsentrasi dalam memahami ilmu yang diberikan oleh guru. Mereka tidak akan puas dan selalu berusaha mengembangkan dirinya.

Langkah kedua seseorang harus mau belajar teratur. Pengaturan waktu sangat penting baik dalam mengikuti pelajaran ataupun dalam mengulang perlajaran. Orang yang taat waktu sudah dipastikan memiliki disiplin yang tinggi, kapan ia belajar, kapan ia mengerjakan tugas ataupun kapan ia istirahat.

Langkah berikutnya yaitu harus memiliki semangat dan kerja keras. Disiplin yang tinggi ditambah semangat tak mengenal lelah akan memilliki peran penting dalam belajar. Banyak orang yang tidak memiliki unsur ini, akibatnya mereka belajar asal jalan dan yang penting asal lulus seperti kebanyakan orang.

Jiwa semangat yang membaja didukung konsentasi yang mantap, kita akan mudah memahami suatu ilmu. Dalam belajar diperlukan konsentrasi dalam perwujudan pemusatan perhatian yang dipelajari. Banyak dari kita yang tampaknya belajar namun karena belajar di depan TV dan main HP, maka hasilnya tidak akan gemilang.

Orang yang memiliki cita-cita tinggi, bersemangat, disiplin dan terdukung oleh sarana memadai serta memiliki motivasi yang kuat baik dari diri sendiri maupun lingkungannya, sudah dapat diyakini orang yang demikian akan memiliki peluang besar dalam belajar dan menggapai cita-cita.


Berikut ini cara belajar yang efektif dan efisien:

1. Membuat jadwal belajar dan mematuhinya. Buatlah rencana jadwal belajar yang seimbang diantara waktu istirahat dan kegiatan kita. jadwal tersebut meliputi kegiatan selama sepekan penuh, dari hari senin hingga minggu. Dimulai dari kewajiban kita seperti kewajiban agama, sekolah/kuliah, tidur, ataupun makan. berilah waktu luang dalam kegiatan tersebut.

2. Membuat daftar yang harus dikerjakan setiap hari
. Buatlah daftar baru setiap hari, kemudian pada akhir hari tersebut, berilah tanda hal-hal yang telah kita lakukan. hal ini akan memberikan rasa berprestasi dan mengatasi tindakan yang dapat dilakukan pada hari-hari berikutnya.

3. Pelajari materi yang sulit dan membosankan. Biasanya kita cenderung mengesampikan suatu hal yang dibenci. Padahal seringkali penyelesaian masalah membutuhkan energi Intelektual lebih banyak. sebaiknya simpan pekerjaan yang kita sukai untuk dikerjakan belakangan sebagai hadiah setelah menyelesaikan bagian yang sulit.

4. Sadar akan waktu terbaik. Beberapa orang mampu belajar lebih baik di malam hari dan ada juga yang mampu belajar lebih baik di siang hari. jika kedua hal ini mempengaruhi kita maka waktu belajar kita harus mengikuti waktu terbaik kita dalam kehidupan sehari-hari.

5. Mencari tempat terbaik untuk belajar. Tempat terbaik untuk belajar adalah di perpustakaan. Jika di rumah belajarlah ditempat dengan sedikit gangguan atau dekat dengan orang yang bekerja keras dan konsentrasi akan memotivasi kita untuk tetap tulus. Tetapi hal ini tergantung kepada individu masing-masing.

6. Belajar mengatakan "tidak". Sebagai manusia kita harus akrab dengan lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman atau kerabat yang lainnya. Namun seringkali mereka membuat kita mengorbankan kebutuhan kita sendiri. Jadi buatlah batasan! Jangan berat hati untuk mengatakan "tidak" pada orang lain. Sadarilah hal apa yang terbaik untuk kita dan untuk cita-cita kita kelak.

7. Pakailah kalimat sendiri. Kunci sukses membaca bukanlah pada menghafal kalimat, tapi bagaimana cara membuat kalimat sendiri. orang tidak belajar dari membaca kalimat karena meraka akan cepat bosan, ikut dalam proses kesimpulan, menganalisis, pemutusan kembali dengan bahasanya sendiri dan mengorganisasikan sendiri materi tersebut.

8. Sesuai strategi belajar. Dalam hal belajar setiap orang berbeda-beda. beberapa orang bisa belajar hanya dengan membaca, sebagian lagi dengan cara mendengarkan dan sebagian yang lain dengan cara menulis. satu hal yang perlu garis bawahi, kita harus dapat menentukan gaya belajar kita seperti apa dan lakukan secara konsisten.

Itulah tips dan trik / cara belajar dengan baik, efektif dan efisien, dan terkadang setiap orang memliki cara belajar yang berbeda tidak harus sama. Mana yang menurut kita efektif lakukanlah selagi itu baik untuk mengejar cita-cita.

0 Response to "8 Cara Belajar yang Efektif dan Efesien"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel