Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Tua



Orang yang lebih tua yaitu orang yang dipandang tua atau berpengalaman seperti pemimpin, kepala, penasihat. Pada umumnya dalam masyarakat kita orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak Orangtua merupakan setiap orang yang bertanggung jawab dalam suatu keluarga atau tugas rumah tangga yang dalam kehidupan sehari-hari disebut sebagai bapak dan ibu.

Ada tiga kelompok yang disebut orang tua dalam ajaran Islam yang harus kita hormati dan muliakan yaitu:
  • bapak-ibu yang melahirkan, yaitu bapak-ibu kandung
  • bapak-ibu yang mengawinkan, yaitu bapak-ibu mertua
  • bapak-ibu yang mengajarkan, yaitu bapak-ibu guru

Betapa mulianya kedudukan kedua orang tua, sehingga Allah memerintahkan untuk berbakti kepada keduanya, dijelaskan dalam al Qur'an Surah Al-Luqman: 14

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu , hanya kepada-Kulah kembalimu". (OS Luqman: 14)

#Tata cara bergaul dengan orang lebih tua

1. Bersikap Sopan
Seorang muslim akan menampakkan perhatian kepada orang tuanya dan memperlakukan mereka dengan rasa mulia.

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahal Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana meroka berdua tolah mendidik aku waktu kecil". (QS Al Isra': 24)

2. Berkata Santun
Sikap santun kepada orangtua  alau orang yang lebih tua di antaranya adalah jangan bersuara lebih keras dari suara mereka, jangan memutus pembicaraan mereka, jangan mendustainya, jangan mengganggu mereka saat sedang tidur, selain itu jangan pernah meremehkan mereka.

3. Menolak dengan halus perintah buruk
Taat kepada perintah orang tua adalah hanya kepada hal-hal yang baik saja. Perintah orang tua yang bertentangan dengan agama tidak layak untuk ditaati. Namun kita harus menolak dengan halus dan memberi penjelasan. Sehingga akan meminimalkan terjadinya konflik dengan orang tua.

4. Menghormati dengan penuh kasih sayang
Nabi Muhammad Saw mengabarkan bahwa umatnya yang menghormat orang yang lebih tua dengan penuh rasa hormat akan mendapatkan balasan surga oleh Allah Swt. sebagaimana sabda Beliau:

"Rasulullah SAW bersabda, Wahai Anas, hormati yang lebih tua dan sayang yang lebih muda, maka kau akan menemaniku di surga" (HR Baihaqi)

5. Memuliakan tokoh masyarakat
orang yang memiliki jabatan dalam suatu birokrasi pemerintahan mendapatkan hak untuk dihormati. Selain orang yang memiliki jabatan, tokoh dalam masyarakat yang dianggap memiliki peran penting juga harus kita muliakan dan kita hormati Seperti dalam hadis riwayat Ibnu Majah:

"Dari Ibnu 'Umar la berkata Rasulullah SAW bersabda, Apabila permuka suatu kaum datang kepada kalian, maka muliakanlah". (HR. Ibnu Majjah)

6. Mendahulukan Orang yang Lebih tua
Mengutamakan orang yang lebih tua dan memberi kesempatan kepada mereka lebih dahulu dalam urusan-urusan duniawi sangat dianjurkan dalam agama Islam Rasulullah SAW bersabda:

"Malikat Jibril memerintahkan aku untuk mengutamakan orang-orang tua" (HR. Al Baihaqi )

Ibnu Umar berkata, aku melihat Rasulullah SAW sedang memakal siwak lalu beliau memberkannya pada orang yang lebih tua dari suatu kaum, dan bellau bersabda, "Sesungguhnya Malaikat Jibnil memerintahkanku. untuk mendahulukan yang lebih tua" (HR. Ahmad dan Baihaqi)

#Larangan dalam bergaul dengan orang lebih tua

1. Durhaka kepada orang tua
Manusia yang paling layak untuk ditaati adalah orang tua karena mereka adalah manusia yang paling berjasa pada kehidupan kita. Namun taat kepada orang tua hanyalah dalam hal yang tidak menyimpang dari perintah Allah Swt. Barangsiapa yang durhaka kepada kedua orang tua, Allah akan melaknatnya, dan mengharamkan surga baginya.

"Keridhaan Allah tergantung pada keridhaan kedua orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pula pada kemurkaan kedua orang tua". (HR Muttafaq Alaih)

2. Bersikap arogan
Sikap arogans adalah sikap kesombongan diri terhadap orang lain karena kelebihan yang dimiliki seperti kekayaan, kepandaian, ketampanan, kecantikan kekuatan fisik yang sebenarnya untuk menutupi kelemahanya yang lain. Sikap arogan dapat mematikan mata hati dalam menerima kebenaran Kesombongan membuat manusia menolak kabenaran. Hal itu dilakukannya tiada lain karena sifat angkuh dan takabur.

"Dan Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: "Hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia" (QS. Al Isra 53)

0 Response to "Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Tua"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel