Prioritas Utama Kita Nilai ataukah Hasil (Proses)?



Pelajar/mahasiswa adalah seorang yang sedang menuntut ilmu di sebuah lembaga pendidikan. Kita yang menjadi pelajar/mahasiswa belajar untuk berbagai macam tujuan, ada yang bertujuan untuk mengejar cita-citanya, ada yang ingin sukses dan lain sebagainya. Kita disuguhkan oleh mata pelajaran (mapel) ataupun mata kuliah (MK) yang mana kita harus mengikutinya.

Banyak diantara kita ingin menjadi yang terbaik di kelas ataupun di sekolah/universitas. Terkadang kita tak sadar dengan apa yang kita lakukan yaitu mengejar nilai, nilai dan nilai. Kita tak mengikuti proses pembelajaran, kita tak mengejar hasil akan tetapi yang banyak kita kejar yakni nilai. Hargailah proses menuju hasil karena hasil akan lebih bermanfaat. Belajarlah mendapatkan hasil dari pembelajaran yang diperoleh di sekolah ataupun kampus.

Mengejar nilai sangatlah mudah, bagaimanapun caranya. Bisa dengan dekat/akrab dengan guru ataupun dosen atau dengan cara yang lainnya. Nilai takkan pernah memberikan manfaat bagi kehidupan kita kedepannya, nilai di hasil rapot ataupun ijazah tak ada manfaatnya bagi kehidupan. Akan tetapi hasil dari pembelajaranlah yang akan menentukan seseorang itu bermanfaat ataupun tidaknya.

Nilai memang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan yang layak, mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi tapi yang sangat amat penting adalah proses dari pembelajaran tersebut berhasil ataukah tidaknya kita dilihat dari hasil pembelajaran yang kita peroleh. Karena proses takkan membohongi hasil dan hasil takkan mengkhianati nilai.

Kita sebagai seorang pelajar/mahasiswa harus berpikir logis dalam hal tersebut. Kita belajar mengejar nilai ataukah hasil? Kita menghargai proses atau nilai? Ubahlah cara berpikir kita yang hanya memikirkan nilai, nilai dan nilai.

Berpikirlah tentang apa yang telah kita dapatkan? Apa yang telah kita hasilkan dari pembelajaran di sekolah ataupun di kampus? Manfaat apa yang kita berikan kepada orang lain?. Mari kita sama-sama menghargai proses (hasil), mari kita berpikir tentang prioritas belajar kita selama ini, hasil ataukah nilai?.

0 Response to "Prioritas Utama Kita Nilai ataukah Hasil (Proses)?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel