Opini tentang Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mencerdaskan generasi bangsa. Pendidikan sangat berperan penting bagi kemajuan bangsa. Kita takkan dipandang sebelah mata oleh orang lain atau bangsa lain jika kita memiliki pendidikan yang tinggi.

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan dan merupakan bekal utama. Dengan pendidikan kita dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan pendidikan kita tahu mana yang harus kita kerjakan dan kita tinggalkan.

Akan tetapi pendidikan saat ini sangat memprihatinkan. Banyak pelajar yang sopan dan santunnya sangat rendah, terjerumus pergaulan bebas, mementingkan haknya tanpa melihat kewajibannya, manja dengan keadaan.

Kita mungkin sudah tahu bahwa seorang guru dipenjara karena menjewer muridnya. Seharusnya itu hal yang wajar karena kita tahu itu salah mereka bukan salah guru. Akan tetapi pelajar berargumen dengan dalih hak asasi manusia. Semua itu terjadi karena mereka kurangnya akidah, moral dan sopan santun.

Banyak sekali hal-hal yang membuat kurangnya moral para pelajar. Salah satu yang mempengaruhinya yaitu gadget/smartphone dan kurangnya interaksi dengan orang tua.

Dengan smartphonenya para pelajar bebas searching, browsing apapun yang mereka inginkan, kurangnya sosialisasi dan interaksi terhadap lingkungan sekitar.

Kita sudah melihatnya bukan? Mereka berkumpul dengan teman-temannya akan tetapi sibuk masing-masing dengan smartphonenya.

Dalam hal ini peranan orang tua dan guru sangatlah penting untuk membentuk moral dan sopan santun mereka. Orang tua harus memberikan perhatiannya kepada anak agar mereka merasa diperhatikan.

Guru juga merupakan orang tua kedua yang harus memberikan teladan kepada murid-muridnya. Seorang guru bukan hanya bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa akan tetapi juga berperan sebagai pembentuk moral dan sopan santun murid-muridnya.

Seorang guru juga harus memberikan teladan yang baik bagi murid-muridnya agar mereka mempunyai karakter yang baik. Bukan hanya siswa saja yang harus memiliki moral akan tetapi seorang gurupun harus. Kita sebagai pelajar harus memilik moral, akidah, sopan santun yang baik agar karakter kita pun baik.

Kita sebagai penerus bangsa ini harus mempunyai hal tersebut karena pengetahuan dan pendidikan tanpa adanya hal tersebut takkan berarti. Banyak sekali orang pintar, cerdas akan tetapi mereka korupsi karena mereka tak mempunyai moral, dan akidah yang kuat.

Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus mengedepankan pendidikan karakter.

0 Response to "Opini tentang Pendidikan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel