Fungsi Pendidikan dan Peran Lembaga Pendidikan



Pendidikan adalah suatu aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan keperibadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cita dan budi nurani) dan jasmani (panca indera serta keterampilan-keterampilan. Dalam pendidikan ada fungsi dan peran lembaga pendidikan, berikut ini penjelasannya.

Fungsi Pendidikan

Pada prinsipnya mendidik ialah memberi tuntunan, bantuan, pertolongan kepada peserta didik. Fungsi pendidikan dalam arti mikro (sempit) ialah membantu (secara sadar) perkembangan jasmani dan rohani peserta didik. Fungsi pendidikan secara makro (luas) ialah sebagai alat:
  • pengembangan pribadi
  • pengembangan warga negara
  • pengembangan kebudayaan
  • pengembangan bangsa

Manusia harus dan wajib dididik, karena jika tidak maka ia akan kehilangan hakikat kemanusiaannya. Dengan adanya pendidikan, kita sebagai manusia dapat mengetahui dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Kita akan tahu arah dan tujuan hidup kita setelah kita mengetahui potensi yang ada dalam diri kita.

Peran Lembaga Pendidikan

Dalam sistem pendidikan nasional, pendidikan seumur hidup dikelola atas tanggung jawab keluarga, sekolah dan masyarakat. Masing-masing lembaga tersebut mempunyai kaitan tanggung jawab yang terpadu dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional.

#1. Lingkungan Keluarga
Lingkungan keluarga adalah tempat kita dilahirkan. Waktu baru lahir kita dalam keadaan lemah. Di sinilah pertama kali kita mengenal nilai dan norma. Kita perlu terkait secara sadar dalam mencapai “Idealisme Keluarga”. Pendidikan di lingkungan keluarga berfungsi untuk memberikan dasar dalam menumbuh-kembangkan kita sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius.

Hambatan yang mungkin kita alami dalam pendidikan ini antara lain perhatian orang tua terhadap kita kurang, sosial ekonomi keluarga kurang mendukung, kasih sayang kurang, tidak ada rasa aman di dalam keluaraga, inisiatif dan kreativitas tidak dikembangkan, dan figur orang tua tidak bisa membangkitkan semangat bagi kita.

Dalam keadaan istimewa/luar biasa semua keadaan tersebut dapat menjadi pendorong mencapai , kesuksesan karena ditunjang dengan kemandirian, semangat dan kemauan yang memadai. Dan yang bertanggung jawab dalam pendidikan keluarga yaitu pemimpin keluarga.

#2. Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah lingkungan kedua bagi kita. Di sekolah kita mendapatkan pendidikan yang intensif. Di sinilah potensi kita akan ditumbuh-kembangkan. Sekolah merupakan tumpuan dan harapan bagi orang tua, masyarakat, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Seseorang yang cerdas adalah orang yang mampu memecahkan masalah-masalah sendiri. Untuk menghasilkan orang yang cerdas sekolah perlu membekali mereka dengan penalaran, keterampilan, dan sikap ilmiah yang memadai. Dari individu yang cerdas akan lahir banga yang cerdas, bangsa yang mampu memecahkan masalah-masalahnya sendiri, tanpa ketergantungan kepada bangsa yang lain.

Cara belajar mengajar yang kurang baik, bahan bacaan yang kurang, bahkan pelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan, penyelenggaraan pendidikan yang kurang baik, kepemimpinan pendidikan yang kurang bagus dan lingkungan yang tidak menunjang kesemuanya akan menjadi penghambat peran sekolah dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dan yang bertanggung jawab dalam pendidikan ini adalah pemerintah.

#3. Lingkungan Masyarakat
Di lingkungan masyarakat kita mendapatkan pendidikan. Masyarakat merupakan lembaga pendidikan yang ikut serta bertanggung jawab dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui pendidikan di masyarakat kita akan dibekali dengan penalaran, keterampilan dan sikap makarya, sering juga pendidikan di masyarakat ini dijadikan upaya mengoptimalkan perkembangan diri.

Hambatan yang mungkin bisa timbul dalam lingkungan ini yaitu lingkungan fisik dan non-fisik yan tidak menguntungkan tugas yang diberikan lembaga kepada individu terlalu berat, nilai yang ada di masyarakat mungkin tidak cocok dengan yang dimiliki individu.

Itu semua akan menjadi penghambat bagis seseorang dalam menjalani pendidikan di lingkungan masyarakat dan menghambat pula bagi peran masyarakat itu sendiri dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Partisipasi masyarakat membantu pemerinta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sangat diharapkan.

0 Response to "Fungsi Pendidikan dan Peran Lembaga Pendidikan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel