Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Karir


Pada lingkungan teman sebaya, sikap sosial remaja akan lebih berkembang. Remaja akan melakukan penyesuaian diri dengan cara aturan yang berlaku dalam kelompoknya.

Mereka akan membuat kelompok dan mengingatkan diri pada kelompok tersebut. Kelompok tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses persiapan untuk perkembangan karir remaja.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa remaja menaruh minat yang besar terhadap teman sebaya.

Remaja lebih suka terbuka dengan kelompoknya dalam mengutarakan keinginan-keinginannya. Mereka akan merasa nyaman membicarakan sekolah lanjutan dan karir dengan teman sebaya, karena mereka senasib dan sama-sama dalam proses persiapan akhir.

Orangtua juga perlu secara selektif membantu remaja memilih lingkungan pergaulan teman sebaya yang positif. Diantaranya teman sebaya akan terbentuk norma-norma tersendiri, status dan prestise yang khas.

Bila remaja termasuk dalam kelompok teman sebaya yang normanya berorientasi pada prestasi, maka proses perkembangan persiapan karir akan lebih berhasil.

Sebagai remaja masih awam terhadap bidang-bidang karir yang ada. Meski perlu diberi pengertian-pengertian bagaimana cara mengembangkan karirnya. Akan lebih baik apabila karir atau pekerjaan mulai direncanakan dan dipersiapkan sejak dini.

Tahap awal dari persiapan untuk memasuki dunia kerja adalah dengan mengetahui jenis-jenis pekerjaan. Setelah menelaah jenis pekerjaan yang ada, persiapan diri dengan kemampuan khusus sehingga akan lebih mudah untuk meraihnya. kemudian siaplah untuk bersaing mendapatkan pekerjaan.

Sebagai proses perkembangan diri, apabila karir telah diraih makan jalan yang harus ditempuh adalah menyesuaikan diri dengan irama pekerjaan tersebut. Secara lebih rinci yang perlu dipertimbangkan dalam proses persiapan karir diantaranya:
  • Mempertimbangkan sekolah lanjutan.
  • Bidang karir atau jenis pekerjaan yang akan dipilih.
  • Pendidikan khusus yang sesuai dengan pilihan karir.
  • Menyesuaikan kemampuan dengan. pilihan karir.
  • Prospek atau jaminan masa depan.

Dengan mengetahui dan mempertimbangkan hal tersebut, maka remaja dapat mencari informasi untuk menentukan pilihan karir dengan cepat.

0 Response to "Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Karir"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel