Fungsi Motivasi dalam Belajar Seseorang

Motivasi merupakan suatu dorongan semangat untuk melakukan sebuah pekerjaan/kegiatan baik dari dalam (internal) maupun luar (eksternal). Dalam kegiatan belajar, adanya motivasi sangatlah diperlukan.

Jika ada motivasi maka hasil belajar pun akan menjadi optimal. Makin tepat motivasi yang diberikan, maka akan berhasil pula dalam pelajaran itu. Jadi motivasi senantiasa menentukan tolak ukur usaha belajar bagi kita.


Motivasi juga berkaitan erat dengan suatu tujuan. Motivasi mempengaruhi terhadap adanya suatu kegiatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, motivasi mempunyai tiga fungsi

#1. Mendorong manusia untuk berbuat

Motivasi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan penggerak dari kegiatan yang akan dikerjakan.


#2. Menentukan arah perbuatan

Motivasi dapat menentukan arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai rumusan tujuannya.


#3. Menyeleksi perbuatan

Yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan. Dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut. Seseorang yang akan menghadapi ujian atau ulangan dengan harapan dapat lulus, tentu akan melakukan kegiatan belajar dan tidak menghabiskan waktunya untuk bermain, sebab tidak selaras dengan tujuan.


Disamping itu, ada fungsi-fungsi lain. Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik.

Dengan kata lain, dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar itu dapat melahirkan prestasi yang baik. Intensitas motivasi seseorang akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar.

0 Response to "Fungsi Motivasi dalam Belajar Seseorang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel