Tips dan Trik Menghadapi Ulangan, UAS dan UN Agar Mendapatkan Nilai yang Maksimal

Sebagian orang menganggap UAS atau UN biasa saja bahkan menganggap suatu tantangan sejauh mana dia menguasai pelajaran. Sebagai lagi menganggap hal tersebut merupakan momok yang menakutkan. Semua itu merupakan suatu hal yang wajar, karena setiap orang memiliki karakter masing-masing dalam menanggapi suatu masalah.


Akan tetapi jangan khawatir, kali ini saya akan share tips dan trik menghadapi ulangan/UAS ataupun UN agar nilai sobat maksimal. Simak tips dan triknya berikut ini.

Tips menghadapi UAS dan UN

#1. Rajinlah Ibadah

Tips pertama mungkin berat dilakukan akan tetapi hal ini agar Anda lebih dekat dengan Sang Pencipta. Jika dekat dengan Tuhan yang Maha Esa, bukan tidak mungkin doa yang telah dipanjatkan akan dikabulkan.

Mungkin inilah tips terberat tapi sangatlah manjur. Paksakan terlebih dahulu maka lama-kelamaan akan terbiasa dengan sendirinya. Jadi mulailah dengan rajin beribadah.

#2. Belajarlah Jauh-jauh Hari

Selanjutnya yang harus Anda lakukan yakni belajar dari sekarang. Jauh sebelum Ulangan/UAS/UN akan diadakan. Hindari belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hal tersebut akan membuat kita bingung. Hindari juga belajar 3 hari sebelum Ulangan akan dimulai.

Ada baiknya jika H-3 Anda melakukan refreshing agar otak tidak terlalu jenuh dan agar jernih kembali. Belajarlah sungguh-sungguh jauh sebelum ujian itu dimulai, karena itu akan membuat kita paham apa yang telah diajarkan oleh guru kepada kita.

#3. Istirahatlah yang Cukup

Kebanyakan orang terbiasa dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal tersebut menyebabkan kurangnya istirahat dan akan mengganggu konsentrasi kita dalam mengerjakan soal. Jika konsentrasi saja terganggu maka hasilpun takkan maksimal bukan? Oleh karena itu poin no 2 penting agar istirahat cukup.

#4. Tetap Tenang dalam Menghadapi Ulangan/UAS/UN

Dari tahun ke tahun terdengar berita bahwa banyak siswa yang depresi saat akan menghadapi Ujian Nasional. Hal tersebut terjadi karena mereka takut apabila tidak lulus dalam Ujian Akhir tersebut. Dan apabila mereka tidak lulus maka pada akhirnya mereka malu terhadap teman-temannya.

Ini merupakan suatu hal yang tidak harus dijadikan beban. Hadapilah ulangan ataupun ujian tersebut dengan tenang dan santai. Faktor penyebab nilai kecil rata-rata karena kurangnya kejelian dalam membaca soal. Ini biasanya disebabkan oleh pikiran yang tidak tenang.

#5. Belajarlah dengan Teman Sekelas

Tidak semua guru menjelaskan materi pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami. Ada yang menjelaskan dengan detail dan lengkap serta mudah dipahami, adapula yang menjelaskan dengan singkat akan tetapi sulit dipahami.

Begitu juga dengan murid, ada yang mudah paham dan ada yang sulit untuk memahami penjelasan seorang guru. jika Anda termasuk orang yang biasa saja dalam pemahaman dan malu untuk bertanya kepada guru, ada baiknya Anda belajarlah dengan teman sekelas yang paham dengan materi yang belum dimengerti oleh Anda.

Karena biasanya teman sekelas menjelaskan dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami.

Ingatlah, ujian itu jangan dijadikan beban tapi jalanilah dengan tenang dan santai. Jangan terlalu depresi menghadapinya, karena itu akan mengganggu kesehatan Anda. Pada intinya banyaklah berdoa dan berusaha semaksimal mungkin. Jangan pernah putus asa dan mudah menyerah begitu saja.

0 Response to "Tips dan Trik Menghadapi Ulangan, UAS dan UN Agar Mendapatkan Nilai yang Maksimal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel