9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Diri Sendiri

Kebiasaan buruk merupakan gaya hidup yang tidak baik dan bukan hanya merugikan diri sendiri, akan tetapi tidak jarang juga dapat merugikan orang lain. Untuk menghilangkan sebuah kebiasaan buruk, apalagi jika kebiasaan tersebut telah mengakar kuat, maka hal tersebut bukan perkara yang mudah.

Memang pada awalnya akan terasa begitu sulit, akan tetapi jika kita sudah memiliki tekat bulat untuk berubah, maka kemungkinan kita bisa menghilangkan segala kebiasaan buruk tersebut.



Cara menghilangkan kebiasaan buruk pada diri sendiri

1. Rajin Beribadah

Hal yang sangat penting untuk menghilangkan kebiasaan buruk yakni beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apa yang kita lakukan saat ini dan apa yang ingin kita capai nanti semua sudah diatur oleh-Nya. Oleh karena itu kita harus rajin beribadah kepada-Nya. Dengan beribadah kepada-Nya maka kebiasaan buruk kita sedikit demi sedikit akan hilang. Karena kita menyadari hal tersebut akan menghambat kita mencapai kesuksesan.


2. Ikrarkan Janji pada diri sendiri

Hal yang selanjutnya harus kita lakukan yakni mempunyai niat dan tekad untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Karena tanpa niat dan tekad maka akan terasa berat dan sulit. Jadi, ikrarkanlah pada diri kita sendiri bahwa kebiasaan buruk yang ada harus kita hilangkan.


3. Miliki Tujuan dan Motivasi Hidup

Sebuah kebiasaan yang sudah lama menjadi rutinitas tidaklah mudah untuk dirubah jika tidak diganti dengan aktivitas lain yang menggantikan kebiasaan tersebut. Jadi yang harus kita lakukan yakni mulai merancang sebuah tujuan dan melakukan rencana tersebut secara bertahap. Mengaplikasikan rencana dengan adanya motivasi yang kuat dari dalam diri kita tentu saja dapat memacu semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.


4. Asah Bakat dan Keterampilan yang Dimiliki

Berpikirlah positif dengan mengerjakan suatu hal yang positif. Temukanlah bakat atau keterampilan yang menarik minat untuk terjun di dalamnya. Tentunya kita lebih menikmati jika apa yang kita kerjakan adalah hal yang kita sukai. Oleh karena itu, Asah bakat dan ketrampilan tersebut sehingga suatu saat nanti kita dapat benar-benar terampil di bidang tersebut dan berguna untuk masa depan.


5. Berkumpul dengan Teman yang Memiliki Bakat yang Sama

Ketika kita berkumpul dengan teman yang memiliki bakat yang sama, biasanya hal tersebut dapat memicu semangat kita untuk saling belajar dan saling berbagi informasi yang didapatkan terhadap bakat atau ketrampilan yang sedang kita tekuni. Jadi carilah teman yang sehobi untuk memuaskan haus ilmu kita.


6. Belajarlah dari Orang-orang yang Sukses

Pepatah mengatakan bahwa sebuah pengalaman merupakan guru yang terbaik. Nah, salah satu pengalaman tersebut bisa datang dari orang-orang yang sebelumnya sudah berusaha dengan keras menekuni bakat mereka dan mereka sudah banyak memakan asam garam kehidupan sehingga sekarang waktunya bagi mereka untuk memetik buah yang mereka tanam dahulu.

Kita bisa meminta nasehat dari mereka ketika Kita mengalami kesulitan atau meminta beberapa tips agar jalan menuju bakat Kita menjadi lebih terarah.


7. Meningkatkan Pengetahuan dengan Membaca Buku Offline maupun Online

Buku adalah jendela Ilmu. Banyak orang dikenang dengan mewariskan tulisan mereka melalui sebuah buku. Oleh karena itu resaplah banyak informasi yang dibutuhkan dengan membaca buku seputar itu. Jika kita tidak dapat menemui orang sukses secara langsung, kita dapat belajar pengetahuan dari mereka melalui warisan mereka, yakni sebuah buku atau pun catatan online di internet.


8. Belajarlah dari Kesalahan

Jangan sampai kita terpuruk hanya karena sebuah kesalahan yang kita perbuat. Jadikan itu sebuah motivasi untuk belajar lebih banyak lagi dan menyiapkan beberapa strategi kemungkinan agar kesalahan tersebut tidak terulang untuk kedua kalinya.


9. Percayalah pada Diri Sendiri

Hal yang terakhir yakni percayalah pada diri sendiri terutama potensi dan bakat yang dimiliki. Setiap orang itu memiliki keistimewaan dan tidak ada orang hebat yang muncul kecuali dari hasil usaha keras terlebih dulu.

Oleh karena itu jika kita memiliki keyakinan untuk bisa, maka jangan hiraukan ucapan orang yang kesannya meremehkan, jangan mudah putus asa dari kegagalan, tapi teruslah mencoba dan mencoba , percayalah pada diri sendiri bahwa hasil yang kita dapatkan merupakan sebuah usaha yang telah kita lakukan.


Pada dasarnya jika kita ingin menghilangkan kebiasaan buruk yang ada dalam diri kita maka mulailah dari diri kita sendiri, niat dan tekad yang kuat merupakan modal utama bagi kita untuk menghilangkannya.

Selain itu juga yang sangat penting yaitu rajinlah beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Dialah yang mengatur segalanya, yang harus kita lakukan ialah berdoa, berusaha dan tawakal.

0 Response to "9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Diri Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel