Lima Cara Membangun Disiplin dalam Diri Sendiri

Disiplin merupakan kepatuhan menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku. Dengan kata lain, disiplin adalah sikap mentaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan tanpa pamrih.

Salah satu pondasi yang dibutuhkan oleh semua orang untuk meraih kesuksesan ialah kedisiplinan. Sebab, dalam disiplin akan tumbuh sikap yang teguh dalam memegang prinsip, tekun dalam usaha, pantang mundur dalam kebenaran, dan rela berkorban untuk kepentingan agama dan jauh dari sifat putus asa.


Metode dasar untuk membangun disiplin diri adalah menjalani tantangan yang mampu kita selesaikan. Akan tetapi, untuk menyelesaikannya kita harus bersusah payah dan mengerahkan segenap tenaga atau kekuatan. Ini bukan berarti mencoba melakukan sesuatu dan gagal melakukannya setiap hari.

Hal ini juga bukan berarti kita harus melakukan sesuatu yang dapat dengan mudah kita lakukan. Kita akan mendapat kekuatan dengan mengangkat beban yang tidak mampu kita angkat dan juga tidak akan mendapatkan kekuatan dengan mengangkat beban yang terlalu ringan. Kita harus bersusah payah sampai mendekati batas kekuatan kita.

Membiasakan diri untuk selalu disiplin dalam segala hal membuat seseorang belajar bekerja secara terencana, hingga semua kewajiban yang menjadi tugas utamanya dapat diselesaikan dengan tuntas. Namun sayangnya, selama ini sebagian besar orang masih menganggap bahwa sebuah kedisiplinan hanya akan membatasi diri kita untuk memilih kebebasan.

Hampir semua kegiatan maupun kewajiban telah diatur sesuai jadwal, sehingga banyak orang merasa terpaksa untuk mengikuti semua jadwal yang telah ditentukan. Hal ini yang sering membuat orang merasa berat untuk memulai kedisiplinan. Dan lebih memilih bebas melakukan semua kegiatan sesuai keinginan hatinya. Padahal tanpa membiasakan diri untuk disiplin, mustahil seseorang dapat meraih kesuksesan.

Lantas, Bagaimana Cara Membangun Disiplin Diri?

Mari kita bahas bersama hal-hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan, agar kedisiplinan dapat tertanam dalam diri kita.


1. Mulailah dengan memotivasi diri kita sendiri

Hal utama yang kita perlukan untuk membangun disiplin yaitu memotivasi diri sendiri untuk teriasa disiplin dalam berbagai kesempatan. Mungkin pada awalnya kebiasaan ini terasa berat untuk dijalankan. Namun, setelah kita paksa menjalankannya setiap hari, maka lama kelamaan hal tersebut menjadi budaya yang tertanam kuat dalam diri kita.


2. Membuat target yang ingin dicapai dalam waktu tertentu

Dengan membuat target dengan batas waktu tertentu, maka secara tidak langsung kita akan mulai belajar disiplin dan merencanakan segala hal dengan teratur, guna mencapai target yang telah ditentukan. Meski berawal dari perasaan terpaksa, namun jika dilakukan berulang-ulang maka pada akhirnya akan menjadi sebuah kebiasaan yang harus kita lakukan dengan suka rela,


3. Biasakan untuk tidak menunda segala tugas kita

Sebisa mungkin kerjakan semua tugas dengan segera. Sebab, semakin lama kita menunda sebuah pekerjaan maka akan semakin sulit juga kita untuk memulainya kembali. Inilah yang menjadi kebiasaan buruk kita, terbiasa menggampangkan sebuah pekerjaan dan menundanya hingga akhirnya hasil yang didapatkan juga kurang optimal.


4. Memiliki tekad dan komitmen yang kuat

Tanpa adanya tekad dan komitmen yang kuat, maka semua jadwal yang telah kita susun dan semua target yang telah kita tentukan hanya akan menjadi wacana saja. Karena itu, kuatkan tekad dan komitmen kita untuk memulai belajar disiplin. Bila kita masih kesulitan, mulailah dari hal-hal yang paling mudah. Hingga tekad dan komitmen kita semakin hari semakin meningkat.


5. Action (lakukan) dari sekarang

Setelah kita merencanakan semua jadwal dengan rapi, dan berkomitmen kuat untuk belajar disiplin. Selanjutnya terapkan semua dalam kehidupan sehari-hari. Biasakan budaya disiplin dari sekarang, dan lihatlah perubahan besar yang akan didapatkan. Pastikan budaya disiplin telah tertanam dalam diri kita, karena berawal dari sebuah kedisiplinan segala kendala meraih sukses dapat dilewati dengan baik.

Jadi, kedisiplinan itu sangat penting untuk kita lakukan. Dengan disiplin kita mampu meraih kesuksesan. Lakukanlah dari sekarang budaya disiplin agar hidup kita menjadi teratur. Memang awalnya terlalu berat untuk kita akan tetapi jika dilakukan terus menerus maka lambat laun itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang mudah kita lakukan.

0 Response to "Lima Cara Membangun Disiplin dalam Diri Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel