Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Kita



Di era globalisasi ini teknologi sudah semakin berkembang bahkan sudah semakin maju. Dengan adanya teknologi kita dapat melakukan seseuatu dengan mudah. Salah satu kemajuan teknologi ialah internet.

Pengaruh internet dalam dunia pendidikan saat ini sangatlah besar. Saat ini internet seakan sudah menjadi menjadi kebutuhan hidup bukan lagi gaya hidup. Banyak sekali fasilitas yang mudah kita dapatkan melalui internet. Akan tetapi meskipun memiliki manfaatnya, banyak juga dampak dari internet, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Lantas apa saja dampak positif dan negatif internet?


Mari kita bahas dampak dari internet bagi kita.

A. Dampak Positif Internet

1. Sumber Informasi
Selain majalah, buku, koran, televisi dan media cetak lainnya, internet juga merupakan gudangnya informasi. Informasi tersebut dapat kita akses baik secara gratis maupun berbayar. Hampir semua informasi ada di internet tinggal kita masukkan kata kunci di search engine (seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya) maka muncullah website-website yang memberikan informasi tentang apa yang sedang kita cari.

2. Sarana Berkomunikasi
Selain informasi yang kita dapatkan melalui internet, kita juga dapat mengakses media sosial (Seperti Facebook, Twitter, Googel Plus, Instagram, Pinterest dan lainnya). Melalui media tersebut kita dapat berkomunikasi, berkenalan dengan orang yang berbeda daerah bahkan berbeda negara tanpa harus bertatap muka langsung.

3. Sarana Hiburan
Selain dua hal yang telah disebutkan tadi, internet juga merupakan media hiburan. Terkadang kita butuh hiburan setelah melakukan hal yang sangat melelahkan. Oleh karena itu untuk menghibur, menghilangkan lelah dan kejenuhan kita dapat mencari hiburan di internet seperti di YouTube atau situs-situs Streaming lainnya.

B. Dampak Negatif Internet

1. P*rn0grafi
Saat ini kasus p*rn0grafi sering diidentikkan dengan internet. Kebebasan mengakses berbagai hal tanpa adanya pendampingan dapat menjadikan pengguna internet tidak dapat mengontrol diri. Apalagi saat ini iklan yang berisi kontent p*rn0grafi tak jarang masuk dalam berbagai situs. Terkadang pengguna internet diliputi rasa penasaran oleh karena itu mereka membuka iklan tersebut dan tak jarang di arahkan kepada situs lain yang berbau p*rn0grafi.

2. Individualis
Internet menberikan fasilitas yaitu sebuah kemudahan untuk berkomunikasi antar teman tanpa harus bertatap muka menjadikan kita cenderung bersikap individualis dan anti sosial. Terkadang pula kita menjadi malas untuk berinteraksi secara bertatap muka dan lebih memilih untuk menggunakan chatting media sosial sebagai media komunikasi.

3. Kecanduan
Selain informasi yang ada dalam internet, Internet juga bisa menjadi media hiburan dan membuat kita kecanduan. Kita bahkan rela untuk begadang streaming film atau game online dari pada belajar atau istirahat yang cukup. Orang yang sudah kecanduan dengan internet ini tidak memperhatikan kesehatan mereka sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kurang tidur, mata memerah atau bahkan minus tebal karena terkena radiasi dari layar laptop ataupun smartphone.

4. Plagiasi
Banyaknya sumber informasi di internet, juga berdampak bagi kita cenderung malas mencari di buku dan lebih memilih mengakses di internet. Karena kita biasanya malas mengetik dan memilih copy paste dari internet dan hal itu sangat mudah dilakukan. Hal ini tidak dapat di hindarkan lagi. Palagiasi ini terjadi mulai dari plagiasi total, plagiasi parsial, auto plagiasi hingga plagiasi antar bahasa.

5. Kekerasan
Apa yang dilihat oleh kita di internet tidak jarang pula mempengaruhi sikap kesehari kita. Tindakan kekerasan yang di tampilkan di internet melalui sebuah video atau berita bisa menjadi edukasi buruk bagi kita untuk dipraktekkan di dunia nyata.

6. Penipuan
Bagi sebagian kalangan yang tidak bertanggung jawab, mereka memanfaatkan internet untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan jalan penipuan. Banyak sekali kasus penipuan melalui internet mulai dari transaksi online hingga penipu mengatasnamakan perusahaan besar untuk melakukan aksinya. Bagi beberapa orang yang tergiur dengan apa yang ditawarkan oleh mereka tentunya hal ini menjadi sangat berbahaya.


Nah itulah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan internet bagi kita. Internet dapat memberikan dampak yang positif atau negatif bergantung dari kita yang memanfaatkan layanan ini.

Jika kita memanfaatkan internet untuk hal yang berguna maka ia akan menjadi dampak yang positif bagi kita. Akan tetapi jika kita tidak mampu mengontrol penggunaan internet dan terjebak dalam hiburan yang ditawarkan internet maka justru dampak negatiflah yang akan kita dapatkan.

Oleh karena itu ambillah yang bermanfaat dari internet dan berwaspadalah terhadap dampak negatifnya. Selamat berselancar di dunia internet dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Kita"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel