Enam Cara Melatih dan Meningkatkan Konsentrasi Pelajar

Konsentrasi adalah suatu kemampuan atau kondisi dimana seseorang dapat mengarahkan pikirannya pada hal-hal yang sedang dihadapinya, misalnya dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Sebenarnya, setiap orang mampu berkonsentrasi.

Hanya kemampuan itu menurun bahkan bisa saja menghilang. Kita mungkin pernah “lupa waktu” dan kehilangan kontrol terhadap apa saja yang terjadi disekeliling kita pada saat melakukan sesuatu. Lalu, tiba-tiba kita tersadar, bahwa kita telah terfokus pada suatu hal dan mengabaikan yang lainnya. Nah, itu adalah suatu bukti dan contoh bahwa kita dapat berkonsentrasi dengan baik.


Dalam berkonsentrasi, kita mengumpulkan semua energi yang terpancar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila kita benar-benar menguasainya, konsentrasi mempunyai manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran. 


Berikut ini ada beberapa cara untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi kita diantaranya:


1. Fokus

konsentrasi berarti dapat memfokuskan pikiran kepada suatu hal. Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyesaikan masalah. Apapun aktivitas kita, kriteria yang paling penting ialah fokus, konsentrasi dan atentif kepada aktivitas yang sedang berlangsung.

Konsentrasi akan menjadi tidak berarti apabila kita terganggu oleh beberapa hal lain pada saat bersamaan. Untuk dapat berkonsentrasi, kita harus berhenti mencoba melakukan beberapa hal dalam waktu bersamaan. Apabila kita sedang menulis sebuah artikel, jangan memikirkan apa yang akan atasan kita katakan kemudian. Apabila kita dapat fokus, kita akan bisa mendapatkan insensitas yang akan membuat kita menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat.



2. Belajar Mengontrol Pikiran

Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu-satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita.

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima atau menolak pikiran, jangan sampai kita merasa menjadi korban dari pikiran kita.
Hal kedua yaitu kita harus mengawasi pikiran kia secara sadar dan mencegah diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi konsentraasi kita.

Pada saat kita memulai suatu proyek, sangatlah mudah untuk bermimpi dan kehilangan fokus. Yang kita butuhkan adalah ketekunan untuk berkonsentrasi tanpa pikiran yang mengganggu. Apabila kita memiliki keinginan itu, konsentrasi akan menjadi lebih mudah.

3. Praktek

Konsentrasi merupakan suatu aktivitas. Tentu saja, semakin kita praktekkan dan latih, akan semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Tentunya kita tidak mengharapkan untuk bisa menjadi hebat tanpa pelatihan. Sama juga halnya dengan konsntrasi. Konsentrasi seperti otot tubuh, semakin kita melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan khusus untuk konsentrasi, namun hidup memberikan banyak kesempatan bagi kita untuk konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.


4. Meditasi

Meditasi nyata dapat meningkatkan kekuatan konsentrasi. Sebenarnya pada saat kita mencoba untuk meditasi, hal penting yang pertama harus kita kuasai adalah konsentrasi. Meditasi setiap hari dapat memberikan kita kesempatan untuk melatih teknik konsentrasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsentrasikan pikiran pada suatu lilin atau hanya mengkonsentrasikan pernafasan. Latihan ini sangat sederhana namun efektif.

5. Perubahan adalah Sama Baiknya Seperti Mendapatkan Istirahat

Konsentrasi terhadap suatu hal dalam waktu yang sangat lama sangatlah sulit. Apabila kita konsentrasi kepada satu tugas untuk satu jam, kita dapat melanjutkan hal lainnya. Perubahan aktivitas ini membuat kita mampu untuk menggunakan sifat-sifat lain. Oleh sebab itulah kita dapat mempertahankan kekuatan konsentrasi tanpa merasakan lelah terhadap suatu aktivitas.

6. Perhatikan kondisi Fisik

Kekuatan konsentrasi tergantung pada kondisi fisik kita. Apabila kita merasa lelah atau kurang sehat, konsentrasi akan menjadi lebih sulit. Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih sulit. Namun kita harus mencoba membuat hidup lebih mudah untuk diri kita sendiri, kita harus memberi prioritas kepada kesehatan kita, cukup tidur, jaga tubuh agar tetap fit.

Olahraga membantu tubuh kita untuk meningkatkan konsentrasi. Mengurangi berat badan, menjernihkan pikiran dan menciptakan dinamisme juga akan sangat membantu. Tubuh yang sehat dan olahraga dijamin akan membantu meningkatkan kekuatan konsentrasi.

Selain saran-saran diatas ada beberapa cara lain untuk meningkatkan konsentrasi yang perlu dicoba antara lain:

  • Belajarlah sesuatu yang baru atau cobalah hal-hal yang berbeda setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu akan menjaga otak atau pikiran seseorang tetap kuat dan tajam. 
  • Lakukan permainan yang cenderung memeras otak atau pikiran kita, seperti catur dan lain sebagainya. 
  • Cobala mengisi TTS (Teka Teki Silang) yang ada disurat kabar harian atau kita bisa membeli buku TTS khusus yang sudah banyak dijual di pasaran. 
  • Bacalah artikel-artikel, buku atau majalah tentang masalah-masalah yang menarik bagi diri sendiri. 
  • Hadirilah ceramah-ceramah, drama, pameran dan lihatlah acara-acar televisi pendidikan. 
  • Gunakan bantuan memori, seperti kalender perjanjian pertemuan dengan seseorang, daftar yang harus dikerjakan, dan catatan surat pos. 
  • Cobalah konsentrasi pada apa yang diucapkan oleh orang lain, ulangilah apa yang diingat lebih kuat, dan hubungkan suatu tindakan dengan objek-objek tertentu, seperti meletakkan kunci dilaci, sehingga kita ingat untuk mengambilnya ketika kita meninggalkan rumah serta contoh lainnya yang relevan. 

Itulah pembahasan cara melatih dan meningkatkan daya konsentrasi kita. Pada dasarnya hal yang harus kita ingat baik-baik yaitu konsentrasi memerlukan kefokusan dalam pikiran dan praktek.

0 Response to "Enam Cara Melatih dan Meningkatkan Konsentrasi Pelajar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel