Lima Kunci Sukses dalam Kehidupan



KESUKSESAN mengandung banyak makna yang indah dan positif. Ia adalah kebebasan dari rasa cemas dan takut, kemampuan untuk menghormati dan menghargai diri sendiri dan salah satu tujuan hidup.

Setiap orang menginginkannya, karena tidak seorang pun yang mau disuruh merangkak atau dipaksa menempuh satu jalan atau menuju satu arah tertentu.

Kesuksesan mengandung dua kata kepercayaan dan ketekunan. Percaya kepada kemampuan diri sendiri untuk meraih keberhasilan dan prestasi, serta tekun dan tidak pernah putus asa dalam mengejarnya betapa pun banyaknya rintangan. 

Berikut ini lima kunci sukses dalam kehidupan.

1. Percaya pada diri sendiri

Kepercayaan dan keyakinan bahwa satu tujuan mungkin dapat dicapai adalah langkah pertama dalam meraih kesuksesan. Ia adalah pondasi dalam setiap pekerjaan. Percayalah kepada kemampuan kita untuk meraih kesuksesan dan prestasi gemilang. Maka kita pasti meraihnya.

 2. Memiliki tujuan yang pasti

Tujuan sama dengan sasaran atau target. Ia bukan sekedar mimpi yang melintaskedalam pikiran kita, tapi mimpi yang mewujud kedunia yang nyata. Karena itu tidak seharusnya orang yang melangkah ke depan sebelelum menentukan tujuannya.

Tanpa sasaran dan tujuan, seseorang akan mendapati dirinya didalam melangkah tak jelas ujung pangkalnya atau menjelajahi lorong-lorong kehidupan tanpa kepastian. Orang yang hidup tanpa tujuan takkan sampai kemanapun.

3. Tekad yang kuat

Tekad yang bulat adalah alat untuk mewujudkan setiap pekerjaan, baik pekerjaan itu besar maupun kecil. Yang dimaksud tekad disini adalah usaha memfokuskan daya piker untuk mewujudkan tujuan tertentu. Tekad ini bisa terlihat ketika seseorang memilih satu dari dua atau lebih tujuan yang saling bertentangan. Tekadlah motivasi utama untuk mewujudkan kemuliaan dan kehormatan.

4. Mengkonsentrasikan atau mengarahkan kekuatan

Konsentrasi adalah upaya mengarahkan aktivitas akal pada tujuan tertentu dan meraihnya. Dalam ungkapan lain, konsentrasi adalah kemampuan mengarahkan pikiran dan perhatian kepada tujuan yang tertentu, jelas, dan dikehendaki.

Banyak faktor yang dapat membantu kita untuk berkonsentrasi, diantaranya adalah ambisi. Tanpa ambisi, maka kunci keempat ini takkan efektif. Banyak orang yang tidak dapat berkonsentrasi karena mereka tidak memiliki ambisi. Karena itu gunakanlah kunci ini dengan cerdas agar mendapatkan hasil yang kita inginkan, kesuksesan, dan kebahagiaan.

5. Bertanggung jawab dan sabar

Kunci kelima yakni bertanggung jawab dan sabar, bertanggung jawab atas apa yang sudah kita lakukan dan sabar dalam mencapai kesuksesan tanpa adanya sabar kunci-kunci yang lain takkan bisa tercapai.


Jika kita ingin sukses maka kita harus melakukan kelima kunci tersebut. Sukses itu kita yang menentukan, seberapa besar pengorbanan maka itulah hasil yang kita peroleh, karena usaha takkan membohongi hasil.

0 Response to "Lima Kunci Sukses dalam Kehidupan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel