Cara Memperoleh Ilmu yang Bermanfaat


Dizaman sekarang banyak sekali orang yang menuntut ilmu, tapi tidak sedikit juga yang tidak mendapatkan kemanfaatan ilmu ataupun keberkahannya. Hal itu terjadi karena cara menuntut ilmu yang salah dan syarat-syaratnya ditinggalkan. Karena barang siapa yang salah jalan tentu tersesat.

Mempunyai ilmu yang bermanfaat adalah salah satu kunci sukses, percuma kan kalo ilmu kita banyak tapi tidak bermanfaat bagi orang lain? Maka dari itu kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mendapatkan ilmu yang bermaanfaat.

Hasilnya ilmu bukanlah karena kepintaran dan kecerdasan tetapi hasilnya ilmu itu dengan cara tatakrama dan menghormati yang mempunyai ilmu tersebut yakni seorang guru. Karena ada yang mengatakan orang-orang yang telah berhasil menuntut ilmu sangat menghormati ilmu dan gurunya.

Dan orang-orang yang tidak berhasil dalam menuntut ilmu, karena mereka tidak mau menghormati ilmu dan gurunya. Ada yang mengatakan menghormati itu lebih baik daripada mentaati. Karena manusia tidak dianggap kufur karena bermaksiat. Tapi dia menjadi kufur karena tidak menghormati atau mentaati perintah Allah SWT.

Termasuk menghormati guru ialah hendaknya seorang murid tidak berjalan di depannya, tidak duduk di tempatnya, dan tidak mulai berbicara padanya kecuali dengan ijinnya. Tidak banyak bicara di hadapaan gurunya., tidak bertanya sesuatu apabila guru sedang lelah, harus menjaga waktu, jangan mengetuk pintu rumahnyatapi sebaliknya menunggu sampai beliau keluar.

Alhasil seseorang murid harus mencari kerelaan hati seorang guru, harus menjauhi hal-hal yang membuatnya murka, mematuhi perintahnya asalkan tidak bertentangan dengan agama karena tidak boleh taat kepada makhluk untuk bermaksiat kepada Allah SWT. Dan termasuk menghormati guru adalah menghormati putra-putranya, dan orang yang ada hubungan kerabat dengannya.

Oleh karena itu seoraang murid jangan sampai menyakiti hati gurunya, karena apabila itu terjadi maka belajar dan ilmunya tidak akan berkah dan bermanfaat.

0 Response to "Cara Memperoleh Ilmu yang Bermanfaat"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel