Dasar Hukum, Cara dan Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua



Zaman sekarang banyak sekali anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tua. Mungkin ini merupakan salah satu tanda akhir zaman. Sebagai seorang anak kita wajib berbakti kepada kedua orang tua, walaupun orang tua kita selalu berbuat dzalim kepada kita.

Hukum berbakti kepada orang tua adalah fardhu 'ain, yakni setiap orang harus taat kepada apa yang diperintahkan oleh orang tua kita, meskipun orang tua kita non muslim.

Apapun yang orang tua kita perintahkan selama hal tersebut bukan kemaksiatan maka kita wajib melaksanakannya. Akan tetapi, jika orang tua kita memerintahkan kemaksiatan maka kita wajib menolaknya, karena kita harus lebih taat kepada Allah SWT, bukan kepada makhluk.

Dasar Hukum Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Allah SWT berfirman:

وَقَضٰى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِالْوٰلِدَيْنِ إِحْسٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (٢٣) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا (٢٤

Artinya : 23. Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya. Jika diantara salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai umur lanjut dalam pemeliharaanmu maka jangan sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

24. Rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “wahai tuhanku, kasihanilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku diwaktu kecil”. (QS. Al-Isra:23-24)


Ayat di atas menjelaskan bahwa, hal yang paling utama yaitu kita harus menyembah kepada Allah SWT. Setelah itu, barulah kita berbakti kepada kedua orang tua kita. Kita tidak boleh melawan orang tua kita saat kita diperintahkan olehnya. Karena, ayat di atas telah melarang kita berkata "ah" dan membentak kepada orang tua apalagi melawannya.

Kita harus mengucapkan perkataan yang baik dan bersikap lemah lembut dengan penuh kasih sayang kepada kedua orang tua. Do'akanlah mereka baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada. Mintalah keridhoan orang tua, karena ridhonya orang tua ialah ridhonya Allah SWT.

Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

رِضَى اللهُ فِي رِضَى الوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اللهُ فِي سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ

"Ridhonya Allah tergantung ridho orang tua, dan murkanya Allah tergantung murkanya orang tua."


Cara Berbuat Baik Kepada Orang Tua

1. Ketika kedua orang tua masih hidup

  • Mentaati perintahnya selama tidak bertentangan dengan syariat Islam.
  • Merendahkan diri di hadapan kedua orang tua. 
  • Berbicara dengan lemah lembut di hadapan mereka. 
  • Tidak mencela orang tua atau tidak menyebabkan mereka dicela orang lain. 
  • Membuat keduanya ridho dengan berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai mereka. 

2. Apabila telah meninggal dunia

  • Memandikan, mengkafani, menshalatkan dan berdoa terhadap keduanya. 
  • Memohonkan ampunan kepada Allah untuk keduanya. 
  • Menunaikan janji/wasiat dan menyelesaikan hak adam yang ditinggalkan kedua orang tua. 
  • Menyambung silaturahmi dengan kerabat ibu dan bapak. 


Keutamaan Berbakti Baik Kepada Kedua Orang Tua

  • Merupakan amal yang paling dicintai di sisi Allah.
  • Mendatangkan keridhoan Allah. 
  • Doa orang tua sangat mustajab. 
  • Penyebab dipanjangkan umur dan dilapangkan rezeki. 


#Penutup

Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Selama orang tua kita memerintahkan kebaikan maka kita harus mentaatinya. Berbakti kepada orang tua harus kita lakukan selama kita hidup walaupun orang tua kita telah tiada.

0 Response to "Dasar Hukum, Cara dan Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel