Dampak Buruk dari Menunda-nunda Suatu Pekerjaan dan Cara Mengatasinya


Seorang pelajar atau mahasiswa pasti mempunyai banyak tugas yang harus mereka kerjakan. Sehingga mereka menjadi tidak mood untuk mengerjakannya karena terlalu banyak tugas yang diberikan. Dan pada akhirnya mereka menunda-nunda tugas yang telah diberikan kepada mereka.

Hal ini bisa juga terjadi karena mereka malas, terlalu lelah, banyak pikiran, menyepelekan tugas dan lain sebagainya. Menunda-nunda suatu pekerjaan merupakan hal yang harus kita hilangkan.

Karena hal tersebut akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri

Berikut ini beberapa akibat dari menunda-nunda pekerjaan:

1. Pekerjaan atau tugas akan semakin menumpuk

Hal ini bisa terjadi ketika kita menunda pekerjaan ataupun tugas kita, contohnya yaitu ketika hari ini kita mempunyai tugas dan minggu depan tugas tersebut dikumpulkan, kemudian kita belum mengerjakannya ataupun menundanya maka dihari esok pasti kita akan diberikan tugas lain. Disitulah tugas kita semakin menumpuk dan menumpuk.


2. Pekerjaan atau tugas tidak akan diselesaikan dengan baik dan maksimal

Seperti yang telah dijelaskan diatas ketika tugas kita menumpuk maka yang terjadi ialah kita takkan mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan maksimal. Alhasil kita mengerjakannya dengan asal-asalan, hal ini disebabkan karena kita tidak bisa memanfaatkan waktu luang.


3. Pekerjaan yang mudah dikerjakan akan menjadi sulit

Sebenarnya tidak ada yang sulit di dunia ini. Hanya Saja kita yang malas untuk belajar. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang bodoh hanya saja karena dia malas belajar akhirnya diapun menjadi bodoh. Begitu juga halnya dengan pekerjaan atau tugas, tidak ada yang sulit. Hanya kita saja yang membuat sulit karena kita terlalu menyepelekan hal tersebut dan pada akhirnya tugaspun tertunda.

itulah beberapa akibat dari menunda suatu pekerjaan, hal tersebut berdasarkan pengalaman saya sendiri dan pada akhirnya terjadilah hal tersebut. Lalu bagaimana sih cara mengatasinya?


inilah beberapa cara agar kita tidak menunda-nunda pekerjaan ataupun tugas kita:

1. Hilangkan rasa malas didalam diri kita

Sebelumnya telah disebutkan bahwa rasa malas merupakan salah satu dari faktor yang menyebabkan kita menunda-nunda pekerjaan. Faktor yang menyebabkan malas itu banyak sekali, salah satunya diri kita sendiri. maka dari itu hilangkanlah rasa malas jika kita ingin berubah menjadi yang terbaik. Karena orang yang sukses bukanlah orang yang bermalas-malasan.

2. Kerjakanlah pekerjaan atau tugas secara perlahan-lahan

Ketika kita diberikan suatu pekerjaan atau tugas maka kerjakanlah langsung walaupun perlahan-lahan tanpa sekaligus. Agar pekerjaan ataupun tugas kita tidak terlalu banyak dan menumpuk yang akhirnya malah menyebabkan kita tertekan karena terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan atau diselesaikan.

3. Janganlah menyepelekan pekerjaan atau tugas yang diberikan

Walaupun pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada kita itu tergolong mudah, sebaiknya kita tidak menyepelekan hal tersebut. Karena bisa saja itu akan menjadi sulit/rumit apabila kita menyepelekannya. Ingatlah bahwa menyepelekan sesuatu hal yang kecil akan berdampak buruk yang amat besar.'

4. Istirahat yang cukup

Diatas telah dijelaskan bahwa salah satu faktor yang membuat kita menunda pekerjaan yaitu terlalu lelah. Oleh karena itu istirahatlah yang cukup, hal tersebut dapat mengembalikan mood kita agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan dan tugas dengan cepat dan tidak lelah.

5. Motivasilah diri kita

Motivasi sangatlah perlu karena dapat membangkitkan semangat kita dalam melakukan suatu hal. Dan apabila motivasi dalam diri kita rendah maka kita cenderung malas melakukan pekerjaan atau mengerjakan tugas.

Oleh karena itu, janganlah kita menunda-nuda suatu pekerjaan. Hal ini dapat berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Ubahlah kebiasaan buruk tersebut jika kita ingin sukses. Karena tak ada jalan pintas untuk mencapai sebuah kesuksesan.

0 Response to "Dampak Buruk dari Menunda-nunda Suatu Pekerjaan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan dan tidak mengandung penghinaan SARA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel